Berita Putri Karmel

 

-        20 Agustus 2014

PROFICIAT

Para suster Putri Karmel telah mengadakan Kapitel Umum yang ke-4 pada tanggal 7-16 Agustus 2014 di Pertapaan Karmel Ngadireso, Malang. Dan dalam kapitel tersebut telah terpilih Pelayan Umum dan Dewan Pelayan Umum yang baru untuk periode 2014-2018.

Inilah susunan Dewan Pelayan Umum Putri Karmel yang baru:

Pelayan Umum                   : Sr. Marietta, P.Karm

Wakil Pelayan Umum I         : Sr. Maria Petra, P.Karm

Wakil Pelayan Umum II        : Sr. Maria Skolastika, P.Karm

Penasihat I                       : Sr. Maria Alphonsa, P.Karm

Penasihat II                      : Sr. Maximilliane Soon, P.Karm

Penasihat III                     : Sr. Agata Maria, P.Karm

Penasihat IV                     : Sr. Maria Vianney, P.Karm

Proficiat untuk para suster dewan pelayan umum yang baru! Semoga Roh Kudus selalu membimbing dan menuntun para suster dalam menjalankan tugas dan karya pelayanan.

 

-        26 Agustus 2013

PROFICIAT

Putri Karmel berbahagia karena pada hari ini telah menerima seorang suster untuk berkaul pertama (Sr. Imanuel P.Karm) dan seorang suster untuk berkaul kekal (Sr. Maria Flavia P.Karm).

 

 

-        4 Agustus 2013

REST IN PEACE

Telah berpulang ke rumah Allah Bapa dengan damai, seorang Putri Gereja yang telah bertahun-tahun mengabdikan diri dalam Kongregasi Putri Karmel, Sr. Emmanuela P.Karm (Komunitas Suster Putri Karmel Ngadireso, Malang). Selamat jalan suster, selamat berjumpa dan bersatu dengan Allah Bapa di surga dalam kemuliaan-Nya. Doa kami menyertai perjalanan hidup kekal suster.


 

-        2 Februari 2010

ALLAH, DIALAH YANG MENGIKAT PINGGANGKU DENGAN KEPERKASAAN DAN MEMBUAT JALANKU RATA (Mzm 18:33)

25 tahun mengabdi Tuhan sebagai Putri Karmel merupakan waktu yang berahmat bagi Sr. Justini Kesuma, P.Karm, Sr. Fidelis, P.Karm dan Sr. Marietta, P.Karm. Maka sebagai ungkapan rasa syukur diadakan Perayaan Ekaristi di Pertapaan Karmel, Ngadireso, yang diselenggarakan oleh Bapak Uskup Malang, Mgr. HJS Pandoyoputro, O.Carm. Perayaan syukur inipun dihadiri oleh Romo Provinsial Ordo Karmel, Rm. Joko Purnomo, O.Carm, Bapak Pendiri Kongregasi Putri Karmel, Rm. Yohanes Indrakusuma, O.Carm, para romo Karmel, romo CSE dan romo dari Ordo/Kongregasi lain, para bruder, frater, suster, KTM, sahabat, keluarga dan umat.

Sr. Marietta yang sedang bertugas di Sabah, Malaysia tidak bisa hadir bersama dengan kedua suster lainnya, tetapi beliau merayakan pada hari yang sama di komunitas Sabah. Upacara Misa dan ramah tamah berlangsung secara meriah.

Pada hari yang berbahagia ini, para Suster Putri Karmel juga mengucap syukur kepada Tuhan atas Sewindu Kongregasi Putri Karmel diakui sebagai Kongregasi Diosesan. Berkat dan penyelenggaraan Tuhan melimpah dalam perjalanan Kongregasi Putri Karmel mulai dari berdirinya sampai sekarang ini. Semoga rahmat kesetiaan dan ketekunan selalu menyertai setiap suster Putri Karmel dalam perjalanan menuju persatuan cinta kasih dengan Tuhan. PIMPIN KAMI DALAM JALAN-JALANMU, YA TUHAN.

 

-        11-12 Februari 2010

Kunjungan Prior Jendral O.Carm, Fr. Fernando Millan Romeral, bersama dengan Asisten Jendral O. Carm, Rm. Albertus Herwanta di Komunitas St. Imelda, Lembah Karmel, Cikanyere. Kasih dan persaudaraan nampak dalam doa, pertemuan dan rekreasi di antara Romo Prior Jendral bersama para frater CSE dan suster Putri Karmel.

 

-        19 Maret 2010

Pada saat yang berbahagia, pada Hari Raya St. Joseph dan juga hari ulang tahun Putri Karmel; Daughters of Carmel (Congregation of Putri Karmel) terdaftar secara resmi dalam buku “Official Catholic Directory”, United States Conference of Catholic Bishops (USCCB) - edisi 2010 berdasarkan surat Chancellor Keuskupan Agung San Francisco:  Fr. C. Michael Padazinski.

Semoga kehadiran Putri Karmel di USA semakin membawa banyak orang kepada pengenalan akan Allah yang hidup, yang layak untuk dicintai di atas segala-galanya.

 

-        12 Mei 2010

Bapak Uskup Ruteng yang baru, Mgr. Hubertus Leteng, Pr dan Romo Laurens Tjoang, Pr mengunjungi para suster Putri Karmel di Wae Lengkas. Semoga kehadiran dan kunjungan Bapak Uskup semakin menguatkan iman, harapan, dan kasih para suster dalam mencintai dan melayani Umat Allah.

 

-        15 Juli 2010

Penerimaan Postulan dan Novis I Putri Karmel dan CSE di Sabah, Malaysia. Misa dipersembahkan oleh Fr. Bonaventure U.

Yang memasuki masa postulat Putri Karmel adalah Ailene, Vetrice dan Jennyrion. Sedangkan yang memasuki masa postulat CSE adalah Clarence James.

Penerimaan jubah biara diberikan kepada Sr. Adelaide untuk Putri Karmel dan Br. Andreas Maria untuk CSE. SELAMAT MEMASUKI HIDUP BARU BERSAMA KRISTUS. SEMOGA KASIH DAN RAHMATNYA MENYERTAI LANGKAH PARA SUSTER DAN FRATER DALAM MENGIKUTI DIA.

 

-        16 Juli 2010

“Aku kan melangkah ke depan altar, menemui Dia yang memanggilku. Dan langkahku pasti oleh rahmatNya. Dialah segalanya bagiku”.

Upacara pengikraran Kaul Pertama dan Kaul Kekal para Suster Putri Karmel dan para Frater CSE di Sabah, Malaysia. Misa dipersembahkan oleh Uskup Keningau, Bapak Uskup Datuk Cornelius Piong dan beberapa Romo.

Adapun yang mengucapkan kaul Sementara adalah Sr. Nicholeta, Sr. Augustine, Sr. Alberta. Sedangkan yang mengucapkan Kaul Kekal adalah Sr. Marie Carmen dan Bro. Cosmas.

PROFICIAT. SEMOGA CINTA KRISTUS MENGUATKAN DAN MENEGUHKAN PARA SUSTER DAN FRATER DALAM MENANGGAPI PANGGILAN CINTANYA.

 

-        16-18 Juli 2010

Pertapaan Karmel, Ngadireso mendapat kunjungan Patung Bunda Maria dari Paroki Trinitas, Tumpang selama 2 hari. Bersama beberapa keluarga Katolik di sekitar Pertapaan, para suster menerima Patung Bunda Maria dan kemudian berdoa Rosario bersama-sama. Patung Bunda Maria disimpan di Kapel Maria Bunda Karmel. Para suster dan umat setempat diberi kesempatan untuk berdoa secara pribadi kepada Bunda Maria.

Safari Patung Bunda Maria ini merupakan salah satu program dari Paroki Trinitas, Tumpang. Tujuan dari Safari ini supaya menyadarkan umat akan kedekatan Bunda Maria kepada anak-anaknya. Umat diharapkan supaya semakin mengenal, menghormati dan mencintai Bunda Maria.

 

-        3-11 Agustus 2010

Para Suster Kongregasi Putri Karmel mengadakan Pertemuan Kapitel di Ngadireso. Kapitel ini adalah yang ketiga kalinya setelah Putri Karmel diakui sebagai Kongregasi Diosesan.

Kuasa Roh Kudus sungguh dirasakan memimpin setiap acara selama Kapitel, terlebih dalam pemilihan Dewan Pelayan Umum yang baru. Pada acara pemilihan Dewan ini, Bapak Uskup Malang, Mgr. HJS Pandoyoputro, O.Carm, hadir untuk memimpin acara pemilihan ini.

Adapun Dewan Pelayan Umum yang terpilih untuk masa periode 2010 – 2014 sebagai berikut:

                        Pelayan Umum               : Sr. Justini Kesuma, P.Karm

                        Wakil Pelayan Umum I    : Sr. Agata Maria, P.Karm

                        Wakil Pelayan Umum II  : Sr. Maria Petra, P.Karm

                        Penasehat I                   : Sr. Maria Martina, P.Karm

                        Penasehat II                  : Sr. Marie Maximilliane, P.Karm

                        Penasehat III                 : Sr. Maria Skolastika, P.Karm

                        Penasehat IV                 : Sr. Marie Alphonsa, P.Karm

Selain itu dibicarakan berbagai macam hal menyangkut keadaan kongregasi, pendalaman penghayatan Spiritualitas Kongregasi, perkembangan pelayanan,dll.

 

-        13 Agustus 2010

Penerimaan Postulan Putri Karmel di Ngadireso. Misa diselenggarakan oleh Romo Yohanes Indrakusuma, O.Carm dan para romo CSE.

“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu” (Yoh 15:16). Sabda Yesus ini masih terus bergema dalam hati para pemudi, sehingga mereka memiliki keberanian untuk meninggalkan segalanya dan mau mengikuti Kristus.

Begitu pula dengan Elen, Lina, Dewi, Tasya, Julifa dan Asri yang telah diberikan rahmat untuk berani mencoba menghayati panggilan hidup religius di Kongregasi Putri Karmel. Dengan penerimaan ini, mereka resmi menjadi para postulan dalam Kongregasi Putri Karmel.

Sdri. Tintin, Sdri. Monica dan Sdri. Dinar setelah di  masa postulat mereka mengalami sendiri kasih Allah yang menguatkan, menyembuhkan dan mengubah, maka mereka mau melanjutkan pembaktian hidup mereka dengan memasuki masa novisiat. Maka merekapun menerima jubah dan nama biara. Mereka sekarang bukan lagi Tintin tetapi menjadi Sr. Paskalia, Monica menjadi Sr. Emilia, Dinar menjadi Sr. Dympna. SELAMAT MEMASUKI KELUARGA BARU DAN MASA NOVISIAT. TUHAN MEMBERKATI PARA SUSTER.

 

-        14 Agustus 2010

Upacara pengikraran Kaul Pertama dan Kaul Kekal Para Suster Putri Karmel. Misa diselenggarakan oleh Bapak Uskup Malang, Mgr. HJS Pandoyoputro, O.Carm, Romo Yohanes Indraksuma, O.Carm dan para romo CSE dan romo tamu.

“Inilah kasih itu. Bukan kamu yang mengasihi Aku, tetapi Akulah yang terlebih dahulu mengasihi kamu” (1Yoh 4:10). Kasih Allah inilah yang menguatkan langkah kaki para suster untuk mengucapkan kaul pertama mereka dan kaul kekal mereka. Mereka sungguh menyadari bahwa bukan karena kekuatan mereka sendiri, mereka mampu berlutut di depan Sr. Justini Kesuma, P.Karm, Pelayan Umum Putri Karmel, tetapi semata-mata karena kasih Tuhan yang menguatkan mereka.

Di hadapan Suster Pelayan Umum dan semua yang hadir dalam Kapela St. Yohanes Salib, mereka mengikrarkan janji setia sementara dan janji setia kekal kepada Allah.

Adapun yang mengikrarkan kaul pertama adalah Sr. Anna Maria, P.Karm dan Sr. Eufemia, P.Karm. Sedangkan yang mengucapkan kaul kekal adalah: Sr. Grace Maria, P.Karm, Sr. Eusebia Vercelli, P.Karm, Sr. Maria Valentina, P.Karm, Sr. Stanisla Kostka, Sr. Maria Theofila, P.Karm dan Sr. Maria Euphrasia, P.Karm. PROFICIAT SUSTER. SEMOGA KESETIAAN DAN KETEKUNAN MELIMPAH DALAM HIDUP PANGGILAN SUSTER.

 

-        15 Oktober 2010

Pengikraran Kaul Pertama 4 suster dari Komunitas China. Misa diselenggarakan oleh Romo Provinsial Ordo Karmel, Romo Joko Purnomo, O.Carm.

Yang mengucapkan kaul Sementara adalah: Sr. Caecilia, P.Karm, Sr. Jia De, P.Karm, Sr. Lisa, P. Karm, Sr. Agnes, P.Karm.

“Tuhan, Engkau yang telah memulai karya yang indah dalam diri kami. Biarlah Engkau pula yang menyempurnakan dan menyelesaikannya. Terima kasih ya Tuhan. Hanya pujian dan syukur yang dapat kami naikkan ke hadapanMu.”

 

-        8 Desember 2010

Pada ulang tahun Pertapaan Karmel yang ke-32, 2 orang pemudi dari Vietnam menyatakan kerinduan hati mereka untuk bergabung pada Kongregasi Putri Karmel. Mereka adalah Thu Ha dan My Linh. Mereka memasuki masa postulat setelah beberapa bulan sebelumnya mereka menghayati hidup sebagai aspiran sambil belajar bahasa Indonesia. Misa syukur dipersembahkan oleh Rm. Elisa, CSE.“Inilah aku Tuhan. Pakailah aku sesuai dengan rencana dan kehendak-Mu.”

 

-        Camping Rohani se-Indonesia 2011

Kemuliaan bagi Allah yang kudus, kuat dan kekal, karena kebaikan-Nya maka terselenggaralah Camping Rohani se-Indonesia tahun 2011 di Ngadireso, Tumpang-Malang yang terdiri dari 3 gelombang: Camping Siswa/i tgl 20-26 Juni, Camping SD tgl 1-3 Juli, dan Camping Mahasiswa/i tgl 18-23 Juli 2011. Sungguh luar biasa penyelenggaraan kasih-Nya, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus kepada kita. Dan perlu diketahui bahwa tahun ini untuk pertama kalinya diadakan camping anak SD.

Hidup kita sangat berharga oleh karena telah ditebus dengan darah Yesus: “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat” (1Ptr 1:18-19). Maka disusunlah acara camping dengan tema: “Hidupmu Berharga” karena Ia sungguh mengasihi dan mencintai kita, anak-anakNya. Dan Ia sungguh rindu agar kita datang kepada-Nya: "Biarkanlah anak-anak datang kepada-Ku, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga" (Mat 9:14). Inilah tema Camping anak SD: “Yesus Cinta Anak-Anak”.

Kita selalu ada di hati-Nya, dalam pandangan-Nya, dan oleh kasih-Nya kita dikuatkan  saat menghadapi badai cobaan kehidupan ini. Lagu ciptaan Sr. Skolastika P.Karm “Kau Pandangku Berharga” yang dijadikan Theme Song ini mengalun merdu dan lembut selama camping.

 

Yesus ku selalu ada di hatiMu 
Sungguh
Kau pandangku berharga bagiMu 
Di dalam setiap waktu hidupku 
Tak sedetikpun Kau tinggalkanku 
 
Walau badai sungai dan api cobaan 
yang harus kulewati dalam hidupku 
Ku tak gentar ‘tuk terus melangkah, 
Karena kasihMu menopangku 
 
Reff : Sumbu yang memudar tak ‘kan Kau padamkan 
Buluh yang terkulai tak ‘kan Kau patahkan 
Dengan sabar Kau angkat setiap ku jatuh 
Betapa hatiku berterima kasih Yesus  

Dalam camping ini banyak peserta yang mengalami kasih Yesus. Ada 1.215 peserta camping siswa/siswi, 527 anak dalam camping SD, dan 199 peserta camping mahasiswa/i dari berbagai penjuru Indonesia: Surabaya, Semarang, Bali, Makassar, Purwokerto, Yogyakarta, Malang, Salatiga, Probolinggo, Pasuruan, Cilacap, Situbondo, Jakarta, Banjarmasin, Jember, Batam, Tuban, Blora, Cepu, Sumenep, Madiun, Ponorogo, Temanggung, Kediri, Ngawi, Lumajang, Riau, Kraksaan, Banyuwangi, Sidoarjo, Singosari, Bandung dan Kudus. Mereka bersukacita di dalam kebersamaan, kasih persaudaraan sebagai anak-anak Tuhan, dan dari seluruh rangkaian acara mereka sungguh menyadari bahwa “we are precious…precious…precious!”.

Puji Tuhan ada banyak Pastor yang membantu camping siswa/i, antara lain: Rm. Valentinus, CSE, Rm.Ari Pawarta,O.Carm, dan Rm. Sugeng, Pr, dan 21 pastor lain yang melayani pengakuan dosa. Sedangkan untuk camping mahasiswa/i: Rm. Meddy, O.Carm, Rm. Sugeng, Pr, Rm. Benny Phang, O.Carm, Rm.Gracius, SVD, dan Rm. Simon Rande,O.Carm serta 7 pastor lain dalam pengakuan dosa. Dan sungguh mengharukan yaitu para panitia yang melayani dalam camping ini, yang sudah pernah mengikuti camping pada tahun-tahun sebelumnya, dengan kesungguhan hati, rela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk membantu para peserta camping mengikuti acara dengan baik. Terimakasih untuk jerih payah dan kerjasama teman-teman panitia.

 

-        19 Agustus 2011

Syukur kepada Allah yang telah memanggil dan memilih anak-anak-Nya untuk bekerja di kebun anggurnya.

Pada Jumat, 19 Agustus 2011 jam 10.00 pagi, 5 suster Putri Karmel melangkah dengan pasti menuju altar untuk mengikrarkan kaul kekal seumur hidup kepada Allah. Mereka adalah Sr. Lucia dari Sabda Allah, P.Karm, Sr. Maria Philomena, P.Karm, Sr. Maria Ignatia, P.Karm, Sr. Maria Innocentia dari Salib, P.Karm dan Sr. Bernadette Maria, P.Karm. Bersama dengan kelima suster ini, 3 suster mengiringi langkah saudari-saudarinya untuk mengikrarkan kaul pertama mereka. Mereka adalah Sr. Maria Martha, P.Karm, Sr. Maria Floriana, P.Karm dan Sr. Maria Silvia, P.Karm.

Misa syukur diselenggarakan oleh Mgr. H.J.S. Pandoyoputro, O.Carm, Uskup Malang, didampingi oleh Rm. Yohanes Indrakusuma, O.Carm, Bapak Pendiri Kongregasi Putri Karmel, Rm. Ignatius Loyola Joko Purnomo, O.Carm, Provinsial Ordo Karmel, dan beberapa romo lainnya.

Proficiat kepada para suster yang berpesta. Semoga Tuhan selalu menyertai para suster dengan kasih dan rahmatNya.

 

-        20 Agustus 2011

Tuhan adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya (Mazmur 28:7).

Pada tanggal 20 Agustus 2011, keluarga besar Putri Karmel merayakan Perayaan Syukur atas 50 tahun hidup membiara bagi Rm. Yohanes Indrakusuma, O.Carm, Bapak Pendiri Kongregasi Putri Karmel dan 25 tahun hidup membiara bagi Sr. Maria, P.Karm, Sr. Maria Goretti, P.Karm, Sr. Emmanuel, P.Karm, Sr. Angelica Maria, P.Karm, Sr. Maria Magdalena de Pazzi, P.Karm, Sr. Pauline, P.Karm.

Dengan diiringi lagu How Great Thou Art yang dinyanyikan oleh koor para suster Putri Karmel, Rm.Yohanes dan para suster yubilaris memasuki kapela St. Yohanes dari Salib untuk mengucap syukur kepada Dia yang telah memilih dan memanggil mereka sebagai anak-anak yang dikasihiNya.

Perayaan Ekaristi diselenggarakan oleh Rm. Yohanes sebagai selebran utama didampingi oleh Rm. Dionisius Kosasih, O.Carm sebagai wakil provinsial Ordo Karmel Indonesia, Rm. Darmojo, O.Carm sebagai teman seangkatan Rm. Yohanes dan beberapa imam lainnya, termasuk Rm. Valentinus, CSE dan Rm. Patrisius, CSE.

Perayaan Ekaristi yang dihadiri oleh+/- 1000 orang ini berlangsung dengan penuh khidmat. Sukacita dan kegembiraan nampak pada wajah setiap orang yang hadir: para imam, biarawan biarawati, anggota KTM dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, sanak saudara dari Romo dan para suster yubilaris, dan kenalan dari Kongregasi.

Setelah misa dilanjutkan dengan ramah tamah. Potong tumpeng dan kue tart melengkapi kebahagiaan Romo dan para suster untuk berbagi bersama dengan seluruh undangan yang hadir. Diiringi oleh nyanyian, tarian, sajak dari para suster dan KTM, para undangan menyantap hidangan yang disediakan oleh para suster. Bagi mereka yang ingin tahu bagian dalam klausura pertapaan, hari itu diijinkan untuk melihat-lihat ke dalam. Pertapaan mengadakan open house bagi semua yang hadir.

 PROFICIAT KEPADA RM. YOHANES DAN PARA SUSTER YUBILARIS. TUHAN MEMBERKATI.